Dalam peristiwa isra' dan mi'raj ini banyak orang yang telah masuk islam akhirnya murtad kembali menjadi kafir akibat dari propaganda abu jahal yg menyebarkan fitnah bahwa nabi muhammad adalah orang gila dan pembohong.abu jahal adalah termasuk golongan pertama dalam menanggapi pristiwa isra' mi'raj.
ISRA' MI'RAJ

Termasuk golongan ini adalah orang - orang  non islam, trutama orang - orang yahudi yang menganggap bahwa kisah isra mi'raj adalah bohong karena tidak masuk akal dibritahukan kepada orang - orang yahudi bahwa pristiwa isra' mi'raj adalah mukjizat yang ALLAH berikan kepada nabi muhammad yang dimana mukjizat adalah sebuah kekuatan yang  tidak bisa dicerna oleh akal proses terjadinya, itulah pengertian dari mukjizat.

Suruh orang - orang kafir untuk membuka bibel (al-kitab) mereka , surat perjanjian lama yang menceritakan tentang moses (musa) membelah lautan .bisakah orang - orang kafir itu mencerna pakai akal kenapa laut itu terbelah? bagaimana dan pakai apa adam diturunkan dari sorga kebumi? bisakah itu dipikirkn oleh akal? kalau tidak bisa jangan katakan isra' mi'raj tu bohong.

Penulis :
Ruslan Rustam Hadi